Selasa, 18 Desember 2012

Reptile Addict : Mengenal Hewan Reptil



-->#SekilasFaktaSatwa
Edisi: #1

     Apakah kesan yang dirasakan pertama kali ketika melihat hewan dengan sorotan mata yang menyeramkan memiliki fostur dengan lapisan kulit yang kasar,keras,licin.sebagian dari mereka menjulurkan lidah kecil mereka serta sebagian dari mereka memiliki gigi,kuku yang tajam yang dapat merobek lapisan demi lapisan indah kulit kita……………………………………………..?
     Jawabannya adalah Tentunya hal yang pertama kali kita rasakan sebagai orang awam pertama  kali ketika melihat sosok mereka adalah perasaan takut yang menggerogoti kita akan sosok mereka yang menyeramkan, apalagi bila mereka menyerang kita, tapi tak semua dari sosok mereka berbahaya untuk kita, karena mereka pun dapat jinak dan kita latih .
    Sebelum mengenal lebih lanjut kita kenali dulu definisi dan pembagian klasifikasi serta karakteristik hewan reptil…………………………………………………………………………...
     Definisi Reptil : Reptil berasal dari bahasa latin yaitu repere yang berarti merangkak.reptilia merupakan hewan vertebrata yang sudah beradaptasi di lingkungan darat sehingga menyebabkan kulitnya yang kering,bersisik. Maka hewan reptile tak bisa lepas dari peran air karena air berperan penting bagi mereka terutama untuk melembabkan kulit mereka dan mempermudah pengelupasan / ganti kulit (pada hewan sejenis kadal,ular) .
      Reptil merupakan hewan yang dapat hidup lama dibandingkan mamalia dan lainnya walaupun tidak makan berhari hari. Reptil merupakan hewan yang ectothermic yaitu mendapat panas tubuh yang berasal dari sumber eksternal tidak dapat mengatur suhunya sendiri secara internal  tidak seperti manusia
      Ciri Ciri umum yang kita jumpai pada hewan reptil baik sifat atau apabila kita memelihara nya diantaranya:
·         Yang tidak dapat dipisahkan dari definisi hewan reptil adalah reptil merupakan hewan berdarah dingin dan merupakan hewan yang melata
·         Reptil makan dalam seminggu beberapa kali tidak setiap hari ( walaupun ada jenis beberapa reptile yang makan setiap hari)

·         Setiap reptil memiliki karakter khas tersendiri untuk mengkelabui musuhnya sebagai contoh : ada beberapa spesies kadal yang dapat berpura pura mati ketika melihat musuhnya, ada juga yang dapat memutuskan ekornya (autotomi), dan ada juga yang dapat menyerupai lingkungan sekitarnya (mimikri).

·         Merupakan hewan yang tidak mengeluarkan suara kencang, seperti mamalia sehingga tidak berisik dan cocok untuk di pelihara

·         Tidak membutuhkan kandang yang ribet ,cukup sediakan container plastic atau aquarium (misalnya) tergantung dengan karakter dari  jenis reptil yang ingin dipelihara

·         Membersihkan kandangnya pun tidak harus setiap hari karena reptile tidak makan setiap hari (kebanyakan nya walau ada jenis reptile yang makan setiap hari)

·         Reptil merupakan hewan yang lama bertahan dibandingkan mamalia dan jenis lainnya

·         Reptil memiliki sisik yang kering sehingga kita membutuhkan air untuk mempercepat ganti kulit dan untuk melembabkan kulitnya

·         Sebagian dari hewan reptil memiliki kaki tetapi ada juga sebagian lainnya yang tidak memiliki kaki

·         Kebanyakan hewan reptil bertelur walaupun ada juga yang menyimpan telurnya dalam perutnya hingga saat menetas

·         Reptil umumnya bernafas dengan paru paru

·         Memelihara reptil tidak membutuhkan banyak waktu , tidak seperti memelihara jenis mamalia dan burung


  Pada awalnya pengklasifikasi hewan reptil berdasarkan teori bentuk dari tengkorak hewan reptil tersebut, teori ini ditemukan oleh Osborn pada tahun1903 yaitu ditandai dengan adanya anapsid ,diapsid,synapsid ,tetapi lambat laut pengklasifikasi hewan reptile menjadi :
Berikut adalah klasifikasi Hewan Reptil terdiri dari 4 ordo yaitu:
1.      Ordo Chelonia (sebangsa kura kura ) contohnya kura-kura darat, kura-kura air (chelydra serpentine) penyu
2.      Ordo Squamata terdiri dari sub ordo Lacertilia (sauria) dan sub ordo Ophidia yang dibedakan dari jenis kulitnya  :
·         sub ordo Lacertilia (sauria/sebangsa kadal) :
A.    kadal (lacerta sp)
B.     Tokek ( Hemidactylus turcicus)
C.     Bunglon (Draco sp)
D.    Biawak (varanus sp),dll
·         sub ordo Ophidia (sebangsa ular ):
A.    Ball python (phyton regius )
B.     Cornsnake (elaphe guttata)
C.     Retic (python reticulatus)
D.    Molurus (python morulus)

3.      Ordo Croocodilla Clocirata  (sebangsa buaya ) :
Contoh: A. Crocodylus sp
              B. Alligator sp

     Keputusan yang harus anda pikirkan terlebih dahuluapbila kita ingin memelihara reptil :
1.      Yang pertama yang harus dipikirkan apabila ingin memulai memelihara reptil yaitu reptil merupakan hewan yang buas dan sulit beradaptasi dengan kita (manusia) apabila kita tidak tau cara menangani mereka dan tidak tau akan karakteristik sifat mereka maka mereka secara refleks akan menyerang kita . oleh karena itu kita harus mengetahui terlebih dahulu sifat dan karakternya.
2.      Reptil pun bukan binatang yang dapat jinak sekaligus dan dapat dilatih harus melewati proses demi proses untuk membuat mereka jinak total ( jitot ) dan dapat mampu beradaptasi dengan manusia . intinya kita harus terus menerus meng handle (memegang)  mereka agar mereka dapat terbiasa dengan keberadaan manusia minimal sekali sehari , jangan sampai kita dianggap mereka sebagai predator mereka.
3.      Anda harus memikirkan kedepan nya apakah anda akan terus memelihara reptil dalam jangka waktu yang lama atau tidak jangan sampai hanya menjadi musiman saja , karena reptil biasanya hidup dalam kurun waktu yang lama.
4.      Pikirkan berapa besar biaya yang anda punya untuk member pakan dan memenuhi segala perawatannya
5.      Sebelum memelihara reptil kita harus mencari informasinya terlebih dahulu baik jenis hewan nya ,karakter, makanan ,habitat dll. Maupun bertanya kepada orang yang sudah lama memelihara reptil.
6.      Kita pun harus mengetahui reptil tersebut baik tidak untuk kita ( mengetahui apakah mereka berbisa atau tidak ) karena sebagian dari reptil ada yang berbisa
7.      Pikirkan tempat / kandang untuk reptil tersebut dalam jangka waktu kedepan karena jenis reptil tertentu ada yang dapat besar hingga mencapai panjang 4 meter mulai dari kepala hingga ekor (misalkan untuk jenis biawak : varanus salvadori , untuk jenis iguana hingga 2 meter ) . tempatnya misalkan dalam : terrarium,container plastic,paludarium,akuarium
8.      Pastikan apabila memelihara reptil pastikan kelengkapan anggota tubuhnya serta berpenyakit atau tidak badan nya
9.      Untuk memelihara reptil terbagi lagi menjadi tahapan tahapan. tahapan pemula sebaiknya memilih reptil yang memiliki karakter tidak begitu agresif, karena setiap reptil dari jenis tertentu memiliki karakter yang berbeda jangan kan beda ordo ,ordonya sama pun memiliki sifat yang berbeda . sebaiknya apabila anda ingin memelihara hewan reptil anda sebaiknya menanyakan kepada orang yang sudah berpengalaman dalam bidang reptil, atau kepada komunitas komunitas reptil  yang mulai  banyak berkembang di Indonesia
10.  Siapkan perlengkapan kandang sesuai dengan habitat masing masing hewan reptil tersebut .

Selamat bergabung dalam dunia reptil dan selamat mencoba……………………………..

Fakta Mengenai Reptil dalam masyarakat kita diantaranya :
     Sejak dahulu hingga sekarang banyak beranggapan bahwa reptil merupakan hewan yang berbahaya dan buas , reptil dapat menunjukkan sifatnya apabila dia merasa tidak aman karena mereka memiliki anggapan bahwa kita adalah predator, dan memiliki rasa kepekaan yang tinggi disbanding hewan lain , sikap yang sebaiknya apabila bertemu dengan hewan reptil tetap rileks jangan sampai menunjukkan panik dihadapan hewan tersebut apabila kita tidak ingin diserangnya. Karena tidak semua reptil memiliki bisa dan berbahaya . kita harus menjaga habitat dan kelangsungan hidup mereka untuk masa yang akan datang jangan sampai punah seperti reptil reptil lain yang berada di Indonesia yang keberadaan nya terancam punah akibat tereksploitasi untuk diambil dagingnya ,kulitnya , darah untuk keperluan tertentu.
Sebaiknya harus terus dikembangbiakan dan dibentuk badan yang memperbudidayakan hewan hewan tersebut jangan sampai habitat kelangsungan hidupnya terus berkurang hingga punah sebelum generasi selanjutnya dapat melihat hewan tersebut  .
     Penyebab hewan reptile menggigit karena alas an tertentu tidak mungkin menggigit apabila tidak ada alasan , berikut alasan –alasan mereka menggigit karena:
·         Fear Biting ( menggigit karena takut )
·         Anger biting (menggigit karena marah)
·         Food response biting (menggigit karena respon makanan)
·         Menggigit karena jarang di handle/dipegang (  apabila kita sudah memelihara reptil)       
       Saat ini memelihara reptil bukan hanya sekedar hobi , tetapi menjadi gaya hidup sebagian orang terutama generasi muda di Indonesia buktinya dengan banyak nya berkembang nya forum dan komunitas reptil di Indonesia, reptil pun yang dahulu di cap menyeramkan sekarang menjadi semakin banyak diminati.
       Sebagian hobilis reptil berpendapat bahwa memelihara reptil itu mempunyai kepuasaan tersendiri selain jenis nya yang beraneka ragam corak dan warna nya menjadi daya tarik sendiri,selain itu di alam, reptile dan amfibi berperan penting bagi ekosistem alam . reptil berperan sebagai predator pemangsa tikus dan hewan hewan pengerat . reptil juga turut menjaga populasi tikus liar agar tidak terus berkembang seiring berkembangnya waktu . dengan menjaga habitat dan populasi reptile di alam liar maka kita telah menjaga keseimbangan ekosistem. Kerusakan ekosistem pun dapat terjadi apabila kita terus menerus membunuh hewan reptil  untuk kehidupan manusia seperti untuk dikonsumsi dan dijadikan aksesoris tanpa dikembang biakan maka akan menyebabkan kepunahan.

Jenis jenis hewan reptil yang banyak peminatnya adalah sbb:
Untuk jenis Biawak/Varanus diantara nya:
·         Varanus Salvator
·         Varanus Rudicolis
·         Varanus Panoptes
·         Varanus Melinus
·         Varanus Salvadori,dll

Untuk jenis Kura Kura Darat diantaranya :                               
·         Kura Kura Emys                                                 
·         Kura Kura Pardalis
·         Kura Kura Radiata
·         Kura Kura Sulcata
·         Kura Kura Indian Star,dll
Untuk jenis Kadal :
·         Bearded Dragon
·         Iguana,dll
Untuk jenis Ular:
·         Molurus (python morulus )
·         Ball Python (Python regius)
·         Retic (python reticulatus)
·         Dipong (sanca darah ),dll


Gambar untuk Varanus Salvator

·         Gambar untuk Varanus Rudicolis






·         Gambar untuk Varanus Panoptes 

·      

   Gambar untuk Varanus Melinus



·         Gambar untuk Varanus Salvadori


·         Gambar untuk Kura Kura Emys      




     
·        Gambar untuk Kura Kura Pardalis



·         Gambar untuk Kura Kura Radiata



·         Gambar untuk Kura Kura Sulcata


·         Kura Kura Indian Star





·         Gambar untuk Bearded Dragon




·         Gambar untuk Iguana




·         Gambar untuk Molurus (python morulus )



·         Gambar untuk Ball Python (Python regius)




·         Gambar untuk Retic (python reticulatus)




·         Gambar untuk Dipong (sanca darah )



             
                     sekian dulu artikel edisi reptile addict  semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar